Kamis, 22 Maret 2012

INFO SEHAT

TERTAWA DAN MENANGIS SAMA MANFAATNYA
       
        Tertawa juga menangis  merupakan bagian spektrum emosi yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Beberapa manfaat tertawa dan menangis bagi kesehatan.

Meningkatkan kekebalan tubuh
         Salah satu bukti manfaat nyata dari tertawa  peredaranmenjadikan kita lebih santai dan rileks sehingga bisa berpikir jernih.
         Tertawa juga menangis menurut dr.W.M.Roan, seorang psikiater senior di Jakarta adalah pencerminan emosi manusia yang merupakan bagian dari spektrum emosi meliputi kesedihan, kegembiraan, kekagetan, ketakutan, cinta kasih, kebencian dan kemarahan.
         Tidak hanya manusia,hewanpun bisa menunjukkan perasaan gembira dan sedih dengan berbagai kegiatan dari gerakan. Anjing misalnya jika gembira buntutnya ke atas dan bergoyang-goyang  tutur Roan.
         Dr. Lee Berk, seorang imunolog dari Lorna Linda University di California AS, mengatakan tertawa bisa mengurangi peredaran dua hormon dalam tubuh,yaitu epinefrin dan kortisol yang bisa menghalangi proses penyembuhan penyakit. Dalam riset lain dr. Rosemary Cogan dari Texas Tech University menemukan bukti bahwa rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah tertawa. Tidak itu saja,kekebalan tubuhpun bisa meningkat.

Mengapa kita tertawa
         Tertawa pada dasarnya sehat kalau dilakukan oleh orang yang normal. Menurut Roan, tertawa sebetulnya suatu reaksi terhadap keadaan krisis berupa suatu perubahan yang tidak terduga. KOndisi itu bisa tercetus dalam keadaan yang mengagetka, menyenangkan atau menyedihkan. Krisis itulah yang membuat orang bisa tertawa. Kongkretnya, kalau anda sedang serius mendengarkan sesuatu, tahu-tahu hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diduga, Anda bisa tertawa terbahak-bahak. Kalau anda merencanakansesuatu yang baik,tapisuatu saat gagal,Anda bisa menangis.

 Melatih Organ-organ Tubuh
          Untuk mencari bukti yang lebih kuat dan akurat tentang manfaat tertawa bagi kesehatan, dr.Cogan melakukan studi eksperimentalterhadap dua kelompok mahasiswa. Kelompok pertama mendengarkan kaset lawak dan kelompok kedua mendengarkan kaset kuliah matematika. Sebelum dan sesudahnya dilakukan uji kepekaan terhadap rasa sakit. Ternyata mereka yang mendengarkan kaset lawak memperlihatkan peningkatan kemampuandalam menahan rasa sakit.
          Hasil penelitian menunjukkan tertawa terpingkal-pingkal akan menggoyang-goyangkan otot perut,dada,bahu serta pernafasan, sehinggamembuat tubuh seakan-akan sedang jogging di tempat. Sesudah tertawa tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti orang habis berolahraga.Tertawa juga akan melqatih diafragma torax, jantung,paru-paru,perut dan membantumengusir zat-zat asingdari saluran pernafasan. Disamping itu tertawa sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang dan depresi.
Menurut dr.William Frey,tertawa akan menggerakkan bagian dalam tubuh,mengaktifkansistem endokrin sehingga mendorongpenyembuhan suatu penyakit. Menurut hipotesisnya tertawa akan merangsang otak untuk memproduksihormon tertentu yang pada akhirnya akan memicu pelepasan endokrin  yang diproduksi oleh tubuh. Penelitian Prof.Dr.Lucille, seorang pakar yang menangani proses penuaan, menyodorkan fakta bahwa tertawa bisa membantu mereka yang sudah tua renta untuk tetap awet, sementara yang muda tetap awet muda.
   
Sembuh Berkat Menangis
            dr. William Frey mengakui, terapi sebagian pasiennya dilakukanmelalui tontonan film sedih."Sebagian pasien saya sembuh setelah meneteskan air mata sepuas-puasnya".
Hasil penelitian Frey yang menarik adalah, pria sengaja menahan air matanya agar tampak perkasa dan jantan. "Sebenarnya pria dan wanita tidak berbeda dalam pengalaman emosinya. Jadi pria juga bebas untuk menangis agar jiwanya tidak tertekan." katanya
                                                                                      
                                                                                           by  NANIK FARIDA
                                                                                                 SMASA GONTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar